Upacara adat kebo - keboan

Posted by Unknown Kamis, 06 Desember 2012 0 komentar
selamat datang di soulmakerz blog untuk kali ini saya akan menunjukan salah satu upacara adat yang masih kental yaitu KEBO -KEBOAN dari kata katanya mungkin para pembaca sudah bisa menebak upacara apakah ini Kebo - keboan adalah suatu upacara yang dlu di gunakan penduduk untuk meminta hujan tapi di jaman ini Kebo-keboan di peringati setiap tgl 10 Suro atau 10 Muharaam di desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi, yang berkaitan dengan budaya agraris khususnya siklus tanam padi.
Di upacara ini beberapa laki laki berdandan menjadi kerbau mereka harus berkubang di tengah kubangan sawah yang baru dibajak, kemudian diarak keliling desa, disertai karnaval kesenian rakyat. Kemudian mereka juga beraksi membajak sawah.

Beberapa dari mereka biasanya kesurupan, bertingkah laku seperti kerbau, melenguh, makan rumput dan akan mengejar penonton yang tidak berlaku adil pada mereka.

Di Dusun Krajan, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh upacara tradisi tumbuh dan berkembang seiring kehidupannya sebagai petani. Tradisi yang disebut “Kebo-keboan” bertujuan untuk meminta kesuburan tanah, panen melimpah, serta terhindar dari malapetaka baik yang akan menimpa tanaman maupun manusia yang mengerjakannya.

Sampai kini belum ada yang mengetahuinya secara pasti semenjak kapan tradisi ini bermula. Menurut cerita yang berkembang secara turun-temurun di kalangan masyarakat Krajan, berawal ketika Dusun Krajan mengalami pagebluk, yaitu timbulnya berbagai macam hama penyakit yang menyebabkan kematian tanaman pertanian. Untuk mengatasi bencana tersebut, salah seorang tokoh masyarakat setempat yang bernama Buyut Karti mengadakan ritual dengan cara menirukan perilaku kerbau, layaknya seekor kerbau yang sedang diajak membajak sawah oleh petani.

Dusun Krajan melaksanakan "Kebo-keboan" dilaksanakan satu kali dalam satu tahun yang jatuh pada hari Minggu antara tanggal 1 sampai 10 Sura (tanpa melihat hari pasaran).

Dipilihnya hari minggu sebagai hari penyelenggaraan dengan pertimbangan bahwa pada hari tersebut masyarakat sedang tidak bekerja (libur), sehingga dapat mengikuti jalannya upacara. Sedangkan, dipilihnya bulan Sura dengan pertimbangan bahwa bulan Sura menurut kepercayaan sebagian masyarakat Jawa, adalah bulan yang keramat.

Sebagaimana upacara pada umumnya, upacara kebo-keboan di Krajan juga dilakukan secara bertahap. Tahap-tahap yang harus dilalui dalam upacara ini adalah sebagai berikut: (1) tahap selamatan di Petaunan; (2) tahap ider bumi atau arak-arakan mengelilingi Dusun Krajan; dan (3) tahap ritual kebo-keboan yang dilaksanakan di daerah persawahan Dusun Krajan.

Pemimpin dalam upacara kebo-keboan ini bergantung pada kegiatan atau tahap yang dilakukan. Pada tahap selamatan di Petaunan, yang bertindak sebagai pemimpin upacara adalah kepala Dusun Krajan. Sedangkan, yang bertindak sebagai pemimpin upacara saat mengadakan ritual ider bumi dan kebo-keboan adalah seorang pawang yang dianggap sebagai orang yang ahli dalam memanggil roh-roh para leluhur.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan upacara adalah: (1) para aparat Dusun Krajan; (2) beberapa kelompok kesenian yang ada di wilayah Alasmalang; (3) empat orang atau lebih yang nantinya akan menjadi kebo-keboan dan (4) warga masyarakat lainnya yang membantu menyiapkan perlengkapan upacara maupun menyaksikan jalannya upacara.....


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Upacara adat kebo - keboan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://soul-makerz.blogspot.com/2012/12/upacara-adat-kebo-keboan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Exit Like This Blog
Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of The soulmakerz blog.